Rabu, 13 Oktober 2010

Rawan Gangguan Jiwa karena Rokok

HATI-HATI BRO & SISTA...
 
Hati-hati, rokok ternyata bukan hanya menyebabkan gangguan kesehatan secara fisik, tetapi juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental. Menurut sebuah penelitian, 14 persen perokok dirawat karena gangguan kesehatan mental. Selain itu, 50 persen perokok minum minuman beralkohol lebih banyak dari batas yang disarankan.

Secara fisik, perokok juga lebih berisiko tinggi menderita gangguan jantung, gangguan pernafasan, dan arthitis daripada mereka yang tidak merokok. Penelitian juga menunjukkan bahwa perokok memiliki gaya hidup yang lebih tidak sehat dibanding bukan perokok atau mereka yang sudah berhenti merokok. Sebanyak 35 persen dari perokok adalah peminum berat. Kecenderungan itu terutama pada pria.


Menurut penilitian, perokok perempuan lebih rentan. Kemungkinan perokok perempuan menjalani perawatan hampir dua kali lipat daripada pria, yakni sekitar 18 persen, sedangkan pria 10 persen. Penelitian dilakukan oleh peneliti dari Cardiff Institute of Society and Health di Cardiff University dan Ash Wales. Dr. Sarah Whitehead yang memimpin tim, melakukan penelitian terhadap terhadap 13.000 perokok, mantan perokok dan mereka yang tak pernah merokok._(liputan6)

Tidak ada komentar: